Mengenal Kain Brokat Untuk Bahan Kebaya

Brokat adalah jenis kain yang banyak digunakan untuk kebaya dan gaun. Brokat atau brokat berasal dari kata brocolli, dari kata Italia brocato, yang berarti bahwa kainnya disulam.

Ada juga yang mengklaim bahwa brokat berasal dari brokat Latin, yang berarti kain kerawang atau ditusuk, yang berarti bahwa kain tersebut dapat digunakan untuk pekerjaan jarum. Brokat biasanya menunjukkan pola rumit dalam bentuk gambar dengan bunga, tanaman, dan elemen alami lainnya.

Buklet ini adalah pilihan untuk pakaian formal dan khususnya di Indonesia digunakan untuk kebaya. Banyak digunakan juga untuk gaun pengantin kebaya dan gaun gaya victoria. Dikombinasikan dengan kristal dan kilau berkilau, penggunaan kain brokat ini menciptakan kesan mewah dan elegan. Perkembangan pakaian dengan kain brokat sangat cepat, karena berbagai ide dan kreativitas lahir oleh desainer dalam penerapan brokat

Dalam dunia mode, kanvas brokat adalah favorit para desainer. Penggunaan brokat hampir tidak terbatas. Tidak hanya cantik untuk gaun malam elegan atau gaun pengantin, tetapi juga digunakan sebagai gaun semi formal.

Kain Brocade adalah jenis kain yang memiliki pesona yang tampak mewah dan terpancar secara elegan langsung kepada pengguna. Biasanya, brokat digunakan sebagai bahan dasar untuk gaun pengantin.

Kombinasi brokat dan kain lainnya, seperti sifon, batik, sutra, katun, terbukti menjadi busana dan pilihan yang menarik. Sebagai perkembangan dunia mode, kita sekarang dapat menemukan brokat dalam gaun dalam bentuk atasan, bawahan, sepatu dan aksesoris cantik lainnya.

Ada berbagai jenis brokat, yaitu Varanasi Brokat adalah brokat yang dikenal sebagai kinkhab atau kamkhwab di India, brokat ini adalah benang sutra berwarna dan emas, yang menunjukkan pola yang sangat menarik bagi flora, kehalusan tekstur dan warna cerah. . dan sudut pandang tembus pandang.

Nanking Cloud Brocade berasal dari China, desainnya elegan dan halus, dengan warna-warna indah, bentuknya mirip dengan cloud, ia memiliki tekstur bebas pada serat-serat kain dan terlihat melamun jika tidak memiliki bahan internal.

Brokat Suriah, terbuat dari sutra buatan tangan berkualitas dan telah terkenal selama berabad-abad. Brokat Perancis, diaplikasikan dengan kain sutra pada 1760-1770 dengan tekstur lebih padat dan tidak perlu menggunakan bahan pelapis tambahan, model terus menggunakan cetakan bunga dan motif bunga yang sangat modis pada waktu itu. Ada juga jenis brokat semi-Prancis, brokat Jepang, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *